Apa Saja Manfaat Buah Naga Merah ?

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Manfaat Buah Naga Merah

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga). Dan disini kami akan memberikan beberapa Manfaat Buah Naga Merah untuk dewasa maupun bayi, dan apa saja manfaatnya itu? Mari simak di bawah ini.

MANFAAT BUAH NAGA UNTUK KECANTIKAN

Buah naga bermanfaat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit
Buah naga merah kaya akan vitamin B3, vitamin B3 ini bermanfaat untuk melembabkan  kulit dan menghaluskan kulit yang kasar. Cara pemakaiannya sebagai berikut :
  • Ambil satu atau buah naga merah lalu dikupas kulit buahnya
  • Blender buah naganya bisa ditambah  ½ gelas air . saring dan buang ampasnya.
  • Lalu tuangkan ke mangkok dan digunakan dengan mengoleskan ke seluruh kulit wajah, kulit leher 
Buah Naga merah bermanfaat mengurangi penuaan dini
Naga merah  memiliki  kandungan vitamin E dan beta karoten  yang bermanfaat dan berfungsi untuk melawan pertumbuhan radikal bebas  yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah. Cara menggunakannya sebagai berikut:
  • Ambil buah naga merah kupas kulit buah naganya .
  • Lalu blender dengan di beri tambahan ½ gelas air putih sampai halus.
  • Bisa tambah 1sendok yoghurt lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
  • Lalu cuci muka terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk kulit wajah
  • Setelah siap oleskan ke seluruh kulit wajah dan leher
  • Tunggu sampai 30 menit supaya ekstrak buah naga  meresap ke kulit.
  • Setelah selesai bersihkan dengan air hangat, agar kulit wajah tampak cerah bisa menggunakannya olahan buah naga ini seminggu sekali.
Buah Naga merah bermanfaat menghilangkan jerawat pada kulit wajah
Buah Naga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan jerawat pada wajag berikut cara membuatnya untuk  jerawat
  • Siapkkan buah naga lalu kupas kulit buahnya dulu
  • Lalu blender untuk menghaluskan buahnya
  • Setelah halus oleskan pada kulit wajah
  • Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan rutin untuk kulit wajah cerah
Buah Naga merah bermanfaat untuk mengobati luka bakar pada kulit
Berikut cara menggunakan untuk luka bakar :
  • Siapkan Buah naga dan dihaluskan dengan diblender
  • Tambahkan beberapa sendok madu dan 1 sendok air timun yang sebelumnya di haluskan dahulu
  • Aduk-aduk campuran buah naga , madu dan timun tersebut sampai tercampur merata.
  • Oleskan olahan buah naga tersebut pada kulit yang terasa terbakar
  • Lakukan secara rutin untuk mencerahkan kulit kembali
Buah naga bermanfaat melindungi kulit dari panas matahari
Berikut cara menggunakannya
  • Siapkan buah dan kupas dulu terus Ambil air perasan
  • Lalu oleskan buah naga tersebut keseluruh kulit wajah.
  • Tunggu beberapa menit supaya kandungan zat gizi dalam buah naga meresap ke kulit.
  • Setelah selesai bersihkan dengan air . Lakukan untuk melindungi kulit dari panas matahari setiap anda akan keluar rumah.
Buah naga merah Baik untuk melangsingkan tubuh atau diet
Buah naga mengandung sejumlah serat yang cukup tinggi Kandungan serat pada buah naga tersebut berguna mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh dan memperlancar proses pencernaan. Sehingga sangat berguna Bagi anda yang sedang melakukan program diet untuk mempercantik bentuk tubuh.

Buah naga menjaga kebugaran kesehatan tubuh
Buah naga  menjaga kebugaran tubuh karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh anda. semua kandungan nutisi dan vitamin dalam uah naga mampu menjaga daya tahan tubuh anda agar tidak mudah teserang penyakit dan kesehatan tubuh anda akan terjaga. Sehingga dengan terjaganya kebugaran tubuh, membuat penampilan Anda tampak cantik, cerah,ceria.

Buah naga memiliki protein  yang tinggi
Buah naga juga memiliki kandungan yang mambantu anda untuk menambah energy lebih bagi tubuh, dengan energy ini, maka anda dapat mengurangi asupan karbohidrat di dalam tubuh yang berefek negatif dalam program diet sehingga tetap dapat menunjang penampilan anda tetap cantik.

Baca Juga: Manfaat Renang Bagi Pria dan Wanita

MANFAAT BUAH NAGA UNTUK IBU HAMIL

Membentuk Sel Darah Merah
Bagi ibu yang mengalami anemia selama hamil ada baiknya mengkonsumsi buah naga. Buah naga tersebut bisa di jus atau dikonsumsi secara langsung. Di dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi di dalam buah naga itu bisa digunakan untuk pembentukan sel darah merah sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh sebab itulah ibu hamil rentan untuk terkena anemia. Anemia tidak boleh disepelekan oleh ibu hamil, anemia ini bisa membuat ibu hamil merasakan lemas, lesu dan tidak bertenaga. Tidak hanya ibu hamil saja yang merasakan dampaknya namun janin yang ada di dalam kandungan pun bisa merasakan dampaknya jika ibu terkena anemia. Janin yang terkena anemia bisa rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak lagi lainnya. Fungsi zat besi itu juga digunakan untuk memasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin.

Sumber Energi
Ibu hamil yang merasakan kurang berenergi bisa mengkonsumsi buah naga untuk menciptakan energi di dalam tubuhnya. Dalam 100 gram buah naga yang dikonsumsi oleh ibu hamil, buah naga tersebut mengandung karbohidrat sebanyak 9 gram sampai dengan 14 gram per harinya. Saat hamil, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram selama sehari.

Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin
Buah naga juga memiliki kandungan folat. Folat merupakan kandungan yang diperlukan selama kehamilan. Folat bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan janin dan perkembangan janin. Saat berada di dalam kandungan, janin perlu tumbuh dan juga berkembang. Jika janin tidak bisa tumbuh dan tidak bisa berkembang, janin tersebut rentan terkena keguguran dan juga rentan terkena kecacatan. Janin yang kekurangan folat bisa menderita kecacatan tabung di bagian syaraf dan juga cacat syaraf.

Menghindari Dari BAB
Kandungan serat yang ada di dalam buah naga bisa digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Ibu yang sedang hamil rentan terkena masalah dalam BAB. BAB merupakan masalah yang umum saat hamil. Agar lancar BAB ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga minimal 100 gram setiap harinya. Selain melancarkan BAB, serat juga bermanfaat untuk menyehatkan usus.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga bisa digunakan meningkatkan kekebalan tubuh. Saat hamil ibu memerlukan kandungan vitamin C yang cukup untuk melindungi dirinya dari berbagai macam penyakit seperti batuk, flu dan berbagai macam penyakit lainnya. Jika sistem imun tubuh melemah maka sistem imun janin pun juga bisa lemah. Saat masih berada di dalam kandungan bayi membutuhkan sistem imun dari ibunya untuk menghindari dari berbagai macam kuman dan bakteri yang ada di dalam rahim.

Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi
Di dalam buah naga terdapat kandungan kalsium yang baik digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Tulang dan gigi janin perlu diperhatikan perkembangannya sebab tanpa tulang dan gigi bayi nantinya tidak bisa bergerak normal seperti bayi pada umumnya.

Menangkal Penyakit
Kandungan di dalam buah naga seperti protein, zat besi dan juga kandungan potasium bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Menangkal Radikal Bebas
Kandungan antikoksidan yang tinggi di dalam buah naga bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi ibu hamil. Radikal bebas bisa berpengaruh buruk terhadap janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Radikal bebas bisa menyebabkan bayi cacat dan lahir secara prematur. Radikal bebas itu bisa berasal dari polusi udara yang ada di sekitar ibu hamil.

Melawan Penyakit
Jika ibu hamil sedang terkena penyakit ringan seperti demam, batuk dan pilek ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebab di dalam buah naga terdapat kandungan fitokimia yang bermanfaat untuk bisa melawan penyakit.

Menyerap Protein
Protein sangat diperlukan oleh ibu hamil sebab protein bisa digunakan sebagai zat pembangun bagi janin. Sayangnya tidak semua protein bisa terserap secara lansgung oleh janin. Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa bermanfaat dalam mempercepat penyerapan protein di dalam tubuh.

Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin
Selama di dalam kandungan indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai kesempurnaan. Kandungan karoten yang ada di dalam buah naga, terutama buah naga merah bisa digunakan untuk menyempurnakan indera penglihatan janin.

Mencukupi Gizi Selama Kehamilan
Saat hamil ibu tidak boleh kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi, hal itu dikarenakan jika kekurangan gizi janin yang ada di dalam kandungan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Janin yang kekurangan gizi rentan dilahirkan dalam kondisi mal nutrisi dan juga memiliki berat badan yang rendah. Kandungan seperti protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi yang kompleks bagi ibu dan janin yang ada di dalam rahim. Dengan mengkonsumsi buah naga itu tandanya ibu sedang memenuhi berbagai macam nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan selama kehamilan.

Menghilangkan Dehidrasi
Saat hamil ibu hamil akan rentan untuk terkena dehidrasi, dehidrasi sangat membahayakan bagi ibu hamil. Jika dehidrasi, ibu hamil akan merasakan lesu dan juga kurang bertenaga. Kandungan air yang ada di dalam buah naga bisa digunakan untuk menghilangkan dehidrasi selama kehamilan, selain itu buah naga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan.

Menghindarkan Dari Penyakit Tulang
Membawa beban perut yang semakin berat bisa membuat ibu hamil rentan terkena penyakit tulang seperti oesteoporosis. Osteoporosis sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Alasannya adalah osteoporosis bisa membuat kualitas hidup seseorang menjadi menurun. Mengkonsumsi buah naga yang kaya akan kalsium bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit tulang.

Mencegah Kelahiran Prematur
Kandungan folat yang ada pada buah naga bisa digunakan untuk mencegah kelahiran prematur. Bayi yang dilahirkan secara prematur bisa dikarenakan kurangnya jumlah folat yang dikonsumsi saat hamil.

Menyeimbangkan Metabolisme Sel
Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa digunakan sebagai penyeimbang metabolisme sel. Metabolisme sel yang seimbang ini bisa digunakan untuk menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang
Kandungan folat yang ada di dalam buah naga bisa bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf tulang belakang janin. Sistem syaraf harus berkembang sesuai dengan umur janin, jika tidak bisa berkembang janin rentan untuk terkena kelainan syaraf tulang belakang dan cacat syaraf tulang belakang.

Menghindari Penyakit Beri-Beri
Kandungan vitamin B1 di dalam buah naga bisa digunakan untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan. Penyakit beri-beri tersebut bisa muncul kapan saja saat ibu sedang hamil.

Menormalkan Tekanan Darah
Ibu hamil yang mengalami hipertensi bisa mengkonsumsi buah naga dikarenakan kandungan vitamin B yang ada di dalam buah naga tersebut bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah. Jika ibu hamil mengalami hipertensi efeknya adalah ibu hamil tersebut bisa rentan untuk terkena komplikasi kehamilan. Agar tekanan darah menjadi normal kembali ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga sebanyak 100 gram per hari.

Menormalkan Gula Darah
Saat hamil bukan berarti ibu hamil terhindar dari kadar gula yang tinggi, justru saat hamil terutama hamil tua bisa menyebabkan ibu hamil lupa akan kontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kurangnya kontrol terhadap makanan dan minuman yang manis-manis bisa menyebabkan kadar gula darah ibu hamil menjadi meningkat tajam. Mengkonsumsi buah naga secara teratur minimal 100 gram per harinya bisa digunakan untuk menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil. Jika gula darah ibu hamil tinggi, ibu hamil rentan untuk terkena komplikasi kehamilan bahkan bisa terkena diabetes.

MANFAAT BUAH NAGA UNTUK BAYI

Sesuai Untuk Sistem Pencernaan Bayi
Teksturnya yang lembut membuat daging buah naga mudah ditelan meski pada bayi yang masih belum tumbuh gigi sehingga tidak bisa mengunyah dengan baik sekalipun. Begitu juga saat dicerna. Biji yang lunak membuat Ibu tidak perlu khawatir akan berbahaya bila tertelan bayi. Biji tersebut memang akan ikut tertelan tetapi tidak ikut dicerna. Pemberian buah naga juga sebaiknya divariasikan agar si kecil tidak mudah bosan. Misalnya diberikan secara langsung, dibuat jus atau dihaluskan, atau diolah menjadi pudding terlebih dahulu.

Membiasakan Makan Buah dan Sayuran
Adanya kebiasaan anak yang tidak suka makan sayur atau buah sebenarnya muncul dari perlakuan orang tua sedari kecil atau bayi. Seringkali banyak orang tua yang mengeluh kesulitan memaksa anak-anaknya untuk menyukai sayuran dan buah hingga akhirnya memilih memberi menu lain yang mereka sukai. Padahal kebiasaan tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya jika tidak ada usaha ekstra dari para Ayah dan Ibu. Sebelum terlambat, memberikan buah naga secara rutin ketika masih bayi bisa menjadi pilihan untuk menumbuhkan kebiasaan tersebut. Apalagi dengan rasanya yang segar serta tekstur yang lembut, tentu akan menambah selera anak untuk memakannya.

Kandungan Air Yang Tinggi
Kandungan air dalam buah naga mencapai 90% dari berat totalnya. Itu artinya buah naga mampu membantu memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi bayi. Terutama pada bayi yang mulai bergerak aktif namun sumber air utamanya masih bergantung pada ASI atau susu. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, bayi akan terhindar dari masalah-masalah kekurangan air seperti dehidrasi, kulit kering dan sebagainya.

Mengandung Zat Pokok yang dibutuhkan Tubuh
Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini ternyata mengandung beberapa zat pokok yang banyak dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, dan protein. Dalam 100 gram buah rata-rata akan didapatkan sekitar 11,5 gram karbohidrat dengan total kalori sebesar 60 kkal. Sedangkan jumlah proteinnya sebesar 0,53 gram/100 gram. Pada bayi sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhannya. Meski sebagian protein juga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, akan tetapi tetap saja ada beberapa jenis protein yang hanya bisa didapatkan dari makanan.

Nah... Sekian dulu dari artikel kami dan semoga pembahasan kali ini bisa bermakna bagi anda semuanya yang membutuhkan informasi tentang kesehatan dari Manfaat Buah Naga Merah yang sebenarnya. Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya.

Pencarian Lainnya...
  • manfaat buah naga untuk kecantikan
  • manfaat buah naga ungu
  • manfaat buah naga untuk jantung
  • manfaat buah naga merah untuk diet
  • manfaat buah naga merah untuk bayi
  • manfaat buah naga putih
  • manfaat buah naga untuk ibu hamil
  • manfaat buah naga untuk anak

Apa Saja Manfaat Buah Naga Merah ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Angel Leminasan

0 komentar:

Posting Komentar