10 Cara Mengatasi Rambut Rontok

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok - Kasus rambut rontok sebenarnya tidak hanya terjadi pada wanita tetapi juga dialami oleh kaum pria. Kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. So, pastikan ya buat kalian yang memiliki masalah rambut rontok dicek seberapa parah kerontokannya. Kalau masih dalam kategori normal tidak ada masalah, tetapi berbeda dengan yang sudah parah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Biasanya bagi wanita walaupun masalah kerontokan masih dalam kategori wajar mereka masih tidak puas jika rambut masih saja mengalami kerontokan, menurut mereka hal tersebut dapat menjadi masalah yang cukup besar karena dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Agar hal itu tidak terjadi ada sebaiknya kita mengetahui lebih awal penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok tersebut.

1. Mendapatkan diagnosa yang tepat
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab rambut rontok tak terhitung banyaknya, sehingga menjadi sangat penting untuk menemukan akar masalahnya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendapatkan diagnosis yang tepat untuk memulai. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dengan menemukan area di mana terjadi penipisan yang paling menonjol dan juga memantau seberapa banyak rambut yang rontok pada saat Anda menyisir atau keramas. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah medis yang menyebabkan rambut rontok.

2. Gunakan Sisir rambut yang cocok dan tepat
Menyisir rambut bisa menjadi mimpi buruk saat Anda mengalami kerontokan rambut. Hal ini bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan sisir yang tepat. Gunakan sisir kayu dengan gigi yang lebar untuk menguraikan rambut Anda dari kekusutan; setelah menggunakan sisir kayu di atas, Anda bisa menggunakan sisir biasa. Ini akan mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut akibat menariknya. Hal yang juga penting untuk diingat agar tidak menyisir rambut Anda saat sedang basah. Rambut Anda paling rentan saat basah, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan. Anda juga harus rajin untuk membersihkan sisir dan sikat Anda setiap minggu. Anda bisa melakukan ini saat Anda sedang mandi atau keramas setiap minggu. Membersihkan sisir Anda adalah tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengendalikan rambut.

3. Mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara yang benar
Mengusap rambut Anda dengan handuk sepertinya merupakan cara tercepat untuk mengeringkannya, namun hal itu bisa juga merupakan hal terburuk yang Anda lakukan pada rambut Anda. Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya keras-keras dengan handuk akan menyebabkan kerusakan pada rambut, membuatnya jadi kusut, dan mencabutnya dari kepala. Sebagai gantinya, bersihkan kelembaban dari rambut Anda secara lembut dan hati-hati dengan handuk dan biarkan rambut kering secara alami.

4. Pilih produk perawatan rambut anda dengan bijak
Cobalah untuk beralih ke shampo yang bebas dari kandungan sulfat, silikon, dan paraben untuk menghindari penimbunan bahan kimia yang keras pada kulit kepala dan rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan, membuat rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. Mengontrol kerusakan karena bahan kimia tentunya merupakan cara yang pasti untuk mengatasi rambut rontok parah.

5. Cuci rambut anda tiga kali seminggu
Cuci rambut Anda setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau shampo yang lembut untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang ada. Jaga kebersihan rambut setiap saat untuk menghindari kerontokan rambut akibat folikel yang tersumbat. Perlu juga diperhatikan agar tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Keramas yang berlebihan akan menghilangkan minyak alami yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dari kulit kepala dan rambut Anda.

6. Aplikasikan gaya atau style pada rambut dengan bijak
Jangan terlalu sering atau berlebihan melakukan pengeringan, pelapisan, pewarnaan dan perawatan dengan bahan kimia, karena akan menjadikan rambut Anda rontok. Jika Anda ingin mewarnai rambut Anda namun telah mengalami masalah rambut rontok, sebaiknya beri rambut Anda kesempatan beristirahat sejenak sebelum memasukkan lebih banyak bahan kimia ke dalam rambut Anda. Hindari gaya rambut seperti ikatan ekor kuda yang ketat, kuncir atau kepang setiap hari. Menggunakan karet pengikat rambut untuk menarik rambut dengan ketat juga bisa menyebabkan rambut rontok.

7. Jagalah agar kulit kepala anda tetap sehat
Jika Anda memiliki masalah seperti ketombe atau kulit kepala yang berminyak atau kering, Anda perlu mengatasi masalah ini dengan segera. Kesehatan kulit kepala sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat dan untuk menghindari rambut rontok.

8. Yoga dan olahraga
Anda akan terkejut melihat betapa banyak pengaruh dari stres yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Dan tidak ada hal yang bisa meringankan stres sebaik melakukan aktivitas fisik. Olahraga yang teratur seperti yoga bisa mengurangi stres dan membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Sebenarnya, ada beberapa latihan yoga tertentu yang secara khusus menargetkan pada penurunan kerontokan rambut. (baca juga: Inovasi Hidup Sehat Tanpa Obat)

9. Mengkonsumsi suplemen
Ada banyak suplemen untuk pertumbuhan rambut di pasaran yang dapat membantu untuk menebalkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Bahkan suplemen vitamin tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan volume rambut Anda. Namun, jangan mengkonsumsi suplemen apapun tanpa berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Minoxidil (Rogaine) adalah salah satu obat yang paling efektif dan disetujui oleh FDA dari dokter di seluruh dunia karena mampu mengatasi rambut rontok dan bisa mengobati masalah rambut yang terkait alopesia. (baca juga: Suplemen Obat Kuat Pria)

10. Perawatan rambut buatan sendiri
Penggunaan minyak untuk perawatan pada rambut Anda dan membiarkannya dalam semalam bisa membuat perbedaan. Hal itu benar. Meskipun Anda mungkin tidak suka dengan bayangan tentang rambut yang lengket dan berminyak, penerapan dengan minyak seperti almond, kelapa, dan biji jarak jauh, dll, dapat membantu rambut Anda dalam jangka panjang.

Membiarkan rambut Anda dalam keadaan berminyak semalaman akan memberi cukup waktu agar setiap helai rambut dilapisi dan agar kulit kepala mendapatkan gizi. Ketombe dan sel-sel mati akan terlepas karena gerakan jari-jari Anda dan bisa terlepas dengan mudah saat mencuci rambut dengan shampo keesokan harinya.

Itulah yang bisa kami sampaikan untuk anda dan semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi yang ingin mengetahui cara mengatasi rambut rontok supaya cepat anda temukan dan tidak sampai rambut anda ludes sampai botak. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Angel Leminasan

0 comments:

Post a Comment